Abstrak


Kampus Departemen Pertanian Sekolah Vokasi UNS di Kabupaten Magetan dengan Pendekatan Arsitektur Neo-Vernakular dan Green Campus


Oleh :
Kamelia Artna Adiningtyas - I0217050 - Fak. Teknik

Objek perancangan dalam konsep arsitektural ini adalah kampus departemen pertanian Sekolah Vokasi UNS di Kabupaten Magetan. Sekolah Vokasi adalah unit setingkat fakultas yang menaungi program-program studi diploma. Penghimpunan program diploma ke dalam sekolah vokasi bertujuan untuk memberdayakan program studi diploma sehingga bisa lebih fokus pada pengembangannya dan memenuhi poin pakta integritas PTN-BH. Pengadaan kampus ini dilakukan dalam rangka kerja sama UNS dengan pemerintah Kabupaten Magetan. Kerja sama tersebut bertepatan dengan kebutuhan pendidikan vokasi yang masih sangat minim di Indonesia. Dengan diadakannya kampus Sekolah Vokasi UNS, Kabupaten Magetan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia guna mendukung pembangunan daerah.

Departemen pertanian adalah salah satu bagian dari Sekolah Vokasi UNS yang menaungi tiga program studi, yaitu agribisnis, teknologi hasil pertanian, dan budi daya ternak. Departemen pertanian sangat cocok untuk diadakan di Kabupaten Magetan yang merupakan salah satu kabupaten sentra pertanian di Jawa Timur dan nasional. Hal yang sedemikian rupa dapat memfasilitasi mahasiswa yang membutuhkan praktikum di lapangan, mengingat sistem pembelajaran diploma yang tidak hanya terfokus pada kuliah di kampus.

Bangunan kampus departemen pertanian akan mengikuti konsep kampus utama UNS Surakarta yang mengemas kebudayaan Jawa dalam bentuk modern, baik dari penerapan nuansa, filosofi, dan tata ruang. Nuansa tersebut dapat diterapkan ke bentuk-bentuk bangunan kampus. Selain itu, konsep UNS sebagai green campus juga perlu diterapkan dalam perancangan departemen pertanian Sekolah Vokasi UNS.