Abstrak


Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Sakedheping Mripat Karya Atas S. Danusubroto (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra)


Oleh :
Bagas Syafrijal Nur Ilhami - B0118009 - Fak. Ilmu Budaya

Bagas Syafrijal Nur Ilhami. 2023. Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Sakedheping Mripat Karya Atas S. Danusubroto (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, Fakultas Ilmu Budaya, Universutas Sebelas Maret.

            Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan struktur yang terdapat dalam novel Sakedheping Mripat karya Atas S. Danusubroto berdasarkan teori struktural Robert Stanton meliputi fakta-fakta cerita, tema dan sarana-sarana sastra; (2) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama yang terkandung dalam novel Sakedheping Mripat karya Atas S. Danusubroto berdasarkan teori Psikologi Analitik Carl Gustav Jung ; (3) mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam novel Sakedheping Mripat karya Atas S. Danusubroto.

Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah Novel Sakedheping Mripat karya Atas S. Danusubroto. Data yang disajikan dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat yang mengandung unsur struktural, bentuk dan informasi konflik batin yang dialami tokoh utama dan faktor penyebab terjadinya konflik batin dari novel Sakedheping Mripat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dilakukan melalui metode membaca secara kritis dan komprehensif novel Sakedheping Mripat karya Atas S. Danusubroto mengenai struktur pembangunnya,  konflik batin dan kepribadian tokoh utama sesuai permasalahan yang diteliti.

 

            Hasil analisis data penelitian ini, yaitu (1) uraian tentang unsur struktural dalam novel Sakedheping Mripat karya Atas S. Danusubroto yang menunjukkan suatu keterkaitan antar unsur; (2) konflik batin yang dialami tokoh utama Nugroho antara lain rasa benci, rasa sakit hati, rasa susah, rasa bingung, rasa menyesal, kebimbangan, dan harapan-harapan serta; (3) hasil analisis kepribadian menggambarkan bahwa tokoh utama Nugroho memiliki kepribadian ekstravers yang lebih dominan dan seseorang yang perasa serta pemikir.