;

Abstrak


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN BERHENTI MEROKOK BERDASARKAN INFORMATION MOTIVATION BEHAVIOR PADA ORANG DEWASA DI DIY


Oleh :
Danu Aprilianto - S022102014 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang: Penjualan rokok di Indonesia terus meningkat begitu pula dengan jumlah yang mengkonsumsi rokok, perokok pemula dan juga kematian yang diakibatkan oleh rokok semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan berhenti merokok di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan teori Information Motivation Behavior Skill.

Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional study yang dilakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Juni-Juli 2023. Terdapat 212 orang dewasa yang terdiri dari 153 orang perokok aktif dan 59 orang mantan perokok. Variabel dependen adalah keputusan berhenti merokok. Variabel independen adalah Information Motivation Behavior Skill (IMB). Data dikumpulkan menggunakan lembar kuisioner yang disebar secara online dan dianalisis menggunakan uji analisis jalur.

Hasil: Informasi yang baik (b = 1.25 ; 95% CI= 0.32 hingga 2.17 ; p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>

Kesimpulan: Informasi yang baik, motivasi yang tinggi, dan keterampilan berhenti merokok secara statistik berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan keputusan berhenti merokok.