Abstrak


PERAN STRUKTUR ORGANISASI ORGANIK PADA HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN UNTUK PERCAYA DAN BERBAGI PENGETAHUAN PADA INOVASI LAYANAN (STUDI PADA KARYAWAN FRONTLINER FAST FOOD DI SOLO RAYA)


Oleh :
Fathimah Aditya Ningrum - F0218037 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran mediasi struktur organisasi organik pada kecenderungan untuk percaya dan berbagi pengetahuan di lingkungan fast food di Solo Raya. Populasi penelitian ini terdeiri dari kayawan frontliner pada restoran fast food yang ada di Solo Raya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 111 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adlah convenience sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Smart PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kecenderungan untuk percaya pada berbagi pengetahuan berpengaruh signifikan positif. Kecenderungan untuk percaya pada struktur organisasi organik berpengaruh signifikan positif. Kecenderungan untuk percaya pada inovasi layanan tidak signifikan berpengaruh positif. Berbagi pengetahuan pada struktur organisasi organik berpengaruh signifikan positif. Berbagi pengetahuan pada inovasi layanan berpengaruh signifikan positif. Struktur organisasi organik pada inovasi layanan berpengaruh signifikan positif. Berbagi pengetahuan yang signifkan memediasi kecenderungan untuk percaya dan inovasi layanan berpengaruh positif. Struktur organisasi organik yang signifikan memediasi kecenderungan untuk percaya dan inovasi layanan berpengaruh positif.