Abstrak


PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUMDA AIR MINUM KOTA SURAKARTA


Oleh :
Gus Fahmi Sarif - F3519026 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PERUMDA Air Minum Kota Surakarta.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan yang terbagi kelima dimensi yaitu tangiable, responsiveness, reliability, assurance dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PERUMDA Air Minum Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode survei dengan populasi semua pelanggan PERUMDA Air Minum Kota Surakarta dengan jumlah sampel sebanyak 43 orang. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan software SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PERUMDA Air Minum Kota Surakarta, terbukti dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0>

Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh, PERUMDA Air Minum Kota Surakarta hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan yang berdampak pada peningkatan penggunaan PERUMDA Air Minum Kota Surakarta.