;

Abstrak


PENGEMBANGAN MEDIA DOT CARDS BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS XI


Oleh :
Asri Dwi Puspasari - S041908005 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap media dot cards berbasis android; 2) mengetahui kelayakan media dot cards berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas  XI Tunagrahita sedang; 3) mengetahui efektifitas  media dot cards berbasis android.

            Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi 3 langkah yaitu: 1) tahap studi pendahuluan; 2) pengembangan media; 3) Uji Media. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Validitas dan Realibilitas instrument menggunakan validasi ahli dan realibilitas cronbach alpha. Lokasi penelitian di 5 (lima) SLB Kota Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa tunagrahita sedang. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test yang dihitung menggunakan SPSS.

            Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: 1) kebutuhan guru dan siswa terhadap media dot cards berbasis android 100% butuh; 2) kelayakan media dot cards berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas XI Tunagrahita sedang sangat layak berdasarkan penilaian dari para validator; 3) media dot cards berbasis android efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas XI Tunagrahita sedang. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai pretest dan pottest yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media dot cards berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelas XI Tunagrahita sedang yang dikembangkan sangat layak digunakan.