Abstrak


PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI PADA PESERTA PUTRI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI MAN 2 KEBUMEN


Oleh :
Nazida Salma - O0219089 - Fak. Keolahragaan

Nazida Salma. O0219089. PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI PADA PESERTA PUTRI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI MAN 2 KEBUMEN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret surakarta, Oktober 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan skipping untuk meningkatkan power tungkai pada peserta putri ekstrakurikuler futsal di MAN 2 Kebumen.

Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal putri MAN 2 Kebumen dengan jumlah sampel penelitian 14 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan power tungkai dengan tes vertical power jump. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu  tes awal (pre-test) dan tes akhir  (post-test) dengan masing-masing tes dilakukan sebanyak 3 kali lompatan dan diambil lompatan terbaik. Peserta diberikan treatment sebanyak 18 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t sampel berkorelasi.

Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh latihan skipping terhadap peningkatan power tungkai pada peserta putri ekstrakurikuler futsal di MAN 2 Kebumen dengan hasil nilai t hitung (7,424) > t tabel (2,160) dengan  peresentase peningkatan power tungkai dengan latihan skipping sebesar 4,92 %.