Abstrak


PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK KONSUMEN ATAS LAYANAN AIR BERSIH PERUSAHAAN UMUM DAERAH TIRTA MULIA KABUPATEN PEMALANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN


Oleh :
Muhammad Zainul Ma`rufin - E0017330 - Fak. Hukum

MUHAMMAD ZAINUL MA’RUFIN.E0017330. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK KONSUMEN ATAS LAYANAN AIR BERSIH PERUSAHAAN UMUM DAERAH TIRTA MULIA KABUPATEN PEMALANG DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perlindungan hukum terhadap hak-hak konsumen atas layanan air bersih oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Mulia Kabupaten Pemalang beserta hambatannya. 

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak Perumda dan konsumen, sementara data sekunder bersumber dari literatur hukum, peraturan perundang-undangan, dan sumber informasi terkait. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan merujuk pada teori-teori hukum dan konsep perlindungan konsumen.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa perlindungan yang diberikan oleh Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang belum sepenuhnya terlindungi karena masih terdapat air yang tidak mengalir secara lancar, terdapat daerah yang masih belum mendapat aliran air dari perumda, air yang mengalir keruh sehingga menimbulkan gangguan atas hak atas kenyaman,keamanan dan keselamatan dalam mengonsumsi barang atau jasa,hak atas informasi yang benar,jelas,dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang atau jasa, hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif,serta hak untuk mendapatkan kompensasi,ganti rugi dan atau penggantian apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau sebagaimana mestinya.