Abstrak


Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia dalam Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPAS tentang Energi dan Perubahannya pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Karangsari Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Ulfiana - K7120261 - Fak. KIP

Ulfiana. K7120261. Pembimbing I: Dr. Moh Salimi, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Ngatman, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPAS TENTANG ENERGI DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024. 

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia, (2) meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS tentang energi dan perubahannya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia, (3) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS tentang energi dan perubahannya melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/2024. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS tentang energi dan perubahannya. Sedangkan data kualitatif berupa pelaksanaan pembelajaran IPAS dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia serta keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari pada pembelajaran IPAS tentang energi dan perubahannya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan  kesimpulan. 

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia yaitu orientasi masalah dengan multimedia, mengorganisasikan siswa untuk belajar dengan multimedia, membimbing dan mengarahkan siswa untuk melakukan penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi, analisis dan evaluasi dengan multimedia, (2) keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari pada mata pelajaran IPAS tentang energi dan perubahannya meningkat, (3) hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/ 2024 pada mata pelajaran IPAS tentang energi dan perubahannya meningkat. 

Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar  IPAS tentang energi dan perubahannya pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/ 2024.