;

Abstrak


Pengaruh Jus dan Ekstrak Buah Bit terhadap Kadar LDL, HDL, dan IL-6 pada Tikus Model Dislipidemia


Oleh :
Miftahul Jannah Riri - S532008024 - Sekolah Pascasarjana

Latar belakang: Dislipidemia yang ditandai dengan ketidakseimbangan profil lipid merupakan faktor penyebab terjadinya aterosklerosis yang mendasari terjadinya penyakit kardiovaskuler. Apabila kadar HDL menurun dan LDL meningkat secara terus-menerus dapat menimbulkan pengendapan kolesterol pada dinding pembuluh darah, sehingga mengakibatkan aterosklerosis. Makrofag dalam plak aterosklerosis menghasilkan berbagai sitokin pro-inflamasi seperti interleukin (IL)-1, IL-6, IL-12, IL-15, IL-18, TNF, dan MIF, IL-10, TGF-β. Saat ini target terapi dislipidemia adalah dengan menurunkan kadar LDL darah. Buah bit mengandung beberapa antioksidan yang dapat mencegah peningkatan LDL, penurunan HDL, serta menekan kondisi pro-inflamasi.

Tujuan: Menganalisis pengaruh jus buah bit (JBB) dan ekstrak buah bit (EBB) terhadap kadar LDL, HDL, dan IL-6 pada tikus model dislipidemia.

Metode: penelitian eksperimental laboratorium ini menggunakan rancangan pre and post test control group design. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 42 ekor tikus Sprague Dawley jantan dengan berat badan 150 - 200 gram yang dibagi dalam 7 kelompok. Tikus dibuat dislipidemia dengan pemberian makanan high fat diet (HFD) selama 28 hari dan dilanjutkan hingga hari ke-56. Pembagian kelompok adalah: kelompok normal (KN), kelompok dislipidemia (K-), kelompok dislipidemia + simvastatin (S) (K+), kelompok dislipidemia mendapatkan perlakuan tunggal JBB (P1), EBB (P2), kombinasi JBB + S (P3), dan kombinasi EBB + S (P4). Perlakuan diberikan selama 28 hari, dan pengambilan darah dilakukan dua kali yaitu saat pre test dan post test untuk pengukuran LDL, HDL, dan IL-6 mengikuti prosedur standar.

Hasil: Dosis JBB sebanyak 3,6 ml/200 gBB dan EBB pada 100 mg/200 gBB yang diberikan pada tikus dislipidemia dapat menurunkan LDL, meningkatkan HDL dibandingkan kelompok K-. Penggunaan kombinasi JBB atau EBB dengan simvastatin meningkatkan penurunan LDL dan peningkatan HDL. Pada semua kelompok terdapat rerata perubahan kadar LDL -25,08 ± 19,36 mg/dL, HDL 20,26 ± 16,65 g/dL, sedangkan rerata IL-6 pada akhir penelitian adalah 43,07 ± 19,31 pg/dL. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kadar LDL, HDL, dan IL-6.

Kesimpulan: Pemberian jus buah bit dan ekstrak buah bit keduanya dapat menurunkan kadar LDL, meningkatkan kadar HDL, serta menekan respon inflamasi, baik pemberian tunggal maupun kombinasi dengan obat simvastatin.