Abstrak


Pengaruh Pemanasan Berbasis Fun Games terhadap Peningkatan Motivasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali Tahun 2023/2024


Oleh :
Febrian Murtinanda - O0119045 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK
 
FEBRIAN MURTINANDA. O0119045. PENGARUH PEMANASAN BERBASIS FUN GAMES TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PJOK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN 2023/2024. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanasan berbasis fun games terhadap motivasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun 2023/2024.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pre-test post-test with control group design. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan peserta didik kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar PJOK adalah angket yang divalidasi oleh ahli (expert judgement). Teknik dalam pengumpulan data adalah dengan mengambil data post test dan data pre test. Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisa data tersebut dengan menggunakan uji-t yaitu Paired Sample T test. Sebelumnya dilakukan uji normalitas terlebih dahulu dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov test, dan uji homogenitas dengan uji F yang menggunakan IBM SPSS Statistics 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemanasan berbasis fun games terhadap motivasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun 2023/2024. Pengaruh dapat dilihat dari nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0>
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemanasan berbasis fun games terhadap peningkatan motivasi belajar PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali tahun 2023/2024.

Kata kunci : pemanasan berbasis fun games, motivasi  belajar PJOK, quasi experiment, pre-test post-test with control group design.