Abstrak


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SAMBI TAHUN PELAJARAN 2023/2024


Oleh :
Mahmudah Evitaningsih - O0118069 - Fak. Keolahragaan

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas V SDN 1 Sambi tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sambi yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 14 siswa putra dan 6 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas ini prosentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis menunjukan bahwa melalui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar gerak dasar passing bawah bola voli pada pra siklus 10% (kognitif), 35% (afektif), 15% (psikomotor) siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 40% (kognitif), 90% (afektif), 55% (psikomotor). Peningkatan hasil gerak dasar passing bawah bola voli juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 100% (kognitif, afektif, psikomotor) atau sebanyak 20 siswa yang tergolong kriteria tuntas dengan KKM 80.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas V SDN 1 Sambi tahun ajaran 2023/2024.