Abstrak


Hubungan Tingkat Stres dan Aktivitas Fisik Terhadap Kebugaran Jasmani Pada Santri Pondok Pesantren Al Hidayah Kabupaten Banyumas


Oleh :
Fantika Aswat Tiana - O0119041 - Fak. Keolahragaan

Fantika Aswat Tiana. O0119041. HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KEBUGARAN JASMANI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH KABUPATEN BANYUMAS.

Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat stres dan aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani pada santri pondok pesantren Al Hidayah Kabupaten Banyumas.

Penelitian ini adalah korelasi berganda dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian yaitu santri pondok pesantren Al Hidayah Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan didapatkan sampel sebanyak 41 santri. Instrumen yang digunakan yaitu Kuesioner Perceived Stress Scale (PSS), Physical Activity Questionnaire For Adolesents (PAQ-A) dan Test Rockport. Analisis data menggunakan SPSS Statistics 26.    

Hasil analisis data mengatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani karena sig. F Change 0,001 ˂ 0,05 dengan nilai R 0,546 yang berarti tingkat keeratan hubungan berkategori korelasi kuat. Dengan nilai R square sebesar 0,289 yang berarti tingkat stres dan aktivitas fisik memiliki kontribusi 28,9% terhadap kebugaran jasmani.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan kebugaran jasmani, karena sig. 0,875 ˃ 0,05. Ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, karena sig. 0,000 ˂ 0,05. Ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani karena sig. F Change 0,001 ˂ 0,05.