Abstrak


PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET


Oleh :
Rama Ahmad Rhomadan - K7620077 - Fak. KIP

Rama Ahmad R. K7620077. Pembimbing: Dr. Harini, M.Pd. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, EFIKASI DIRI, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (2) pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (3) pengaruh teman sebaya terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (4) pengaruh penggunaan media sosial, efikasi diri, dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2020-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling berupa proportionated random sampling dengan jumlah sampel 374 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert yang disebarkan melalui google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan software SPSS 26.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan teman sebaya terhadap minat berwirausaha mahasiswa; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media sosial, efikasi diri, dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha mahasiswa