Abstrak


PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KARANGANYAR.


Oleh :
Vina Tiasari - K7517071 - Fak. KIP

Vina Tiasari. K7517071. Pembimbing 1: Dr. Patni Ninghardjanti, M.Pd. Pembimbing 2: Anton Subarno, S.Pd., M.Pd., Ph.D., PENGARUH PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui adakah pengaruh pelaksanaan prinsip good governance terhadap kepuasan pelayanan publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar, (2) mengetahui indikator good governance yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelayanan publik pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna layanan publik di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar tahun 2022 yang berjumlah 7.720 orang dan sampel yang didapat berjumlah 380 masyarakat penerima layanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Data analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for Windows 22.0.

Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari sembilan prinsip good governance secara bersama-sama terhadap kepuasan pelayanan publik (Fhitung 29,220 > Ftabel 1,905), dan (2) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelayanan publik adalah variabel tanggungjawab (X4) dengan nilai koefisiensi sebesar 0,473.