Abstrak


Analisis Manajemen Kejuaraan Trail Running Siksorogo Lawu Ultra Tingkat Internasional Tahun 2022


Oleh :
Hendro Saputro - O0119052 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

Hendro Saputro. O0119052. ANALISIS MANAJEMEN KEJUARAAN TRAIL RUNNING SIKSOROGO LAWU ULTRA TINGKAT INTERNASIONAL TAHUN 2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen penyelenggaraan kejuaraan Trail Running Siksorogo Lawu Ultra tingkat internasional tahun 2022.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan dengan wawancara mendalam, kuesioner, dan dokumentasi yang relevan. Subjek penelitian ini adalah Event Director, Race Director, Race Manager, dan Bendahara kejuaraan Siksorogo Lawu Ultra tahun 2022. Data divalidasi menggunakan metode triangulasi data, kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kejuaraan Trail Running Siksorogo Lawu Ultra tahun 2022 menggunakan 3 tahapan manajemen pada rangkaian kegiatan atau event. Tahap pertama yaitu manajemen sebelum kejuaraan atau perencanaan, dengan merencanakan konsep event, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), izin atau perizinan, keuangan, pengelolaan makanan dan minuman, pemasaran, sponsorship, manajemen risiko, dan dampak event. Selanjutnya tahap pelaksanaan kejuaraan dengan mengimplementasikan konsep event, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan makanan dan minuman, manajemen risiko, dan keuangan yang telah direncanakan.dan setelah kejuaraan. Terakhir tahap setelah kejuaraan dengan mengimplementasikan aspek manajemen pengelolaan sumber daya manusia, izin, sponsorship, keuangan, dampak event, dan evaluasi.
Kesimpulannya adalah kejuaraan Siksorogo Lawu Ultra tahun 2022 menggunakan 9 aspek manajemen yaitu konsep event, pengelolaan sumber daya manusia, pengelolaan makanan dan minuman, izin, keuangan, sponsorship, pemasaran, manajemen risiko, dan dampak event.