Abstrak


PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN APLIKASI LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2023/2024


Oleh :
Rahayu Fitriyani - K7120213 - Fak. KIP

Rahayu Fitriyani, PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN APLIKASI LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024. 

Tujuan penelitian yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah penerapan model PBL dengan aplikasi Liveworksheet, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model PBL dengan aplikasi Liveworksheet. Penelitian tindakan kelas kolaboratif dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian yakni guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) langkah penerapan model PBL dengan aplikasi Liveworksheet yaitu: (a) orientasi masalah dengan aplikasi Liveworksheet, (b) mengorganisasikan peserta didik dengan aplikasi Liveworksheet, (c) membimbing penyelidikan individu dan kelompok berbantuan aplikasi Liveworksheet, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil dengan aplikasi Liveworksheet, dan (e) menganalisis dan mengevaluasi proses dan pemecahan masalah berbantuan aplikasi Liveworksheet. (2) penerapan model PBL dengan aplikasi Liveworksheet dapat meningkatkan pembelajaran matematika siswa  kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun yang dibuktikan dari ketuntasan penilaian ranah afektif siklus I=83,07%, siklus II=87,76%, siklus III=92,67%. Ranah psikomotor siklus I=81,87%, siklus II=87,08%, siklus III=90,83%. Ranah kognitif siklus I=71,69%, siklus II=86,84%, siklus III=94,74. (3) Kendala dalam penelitian yaitu: (a) siswa masih bergantung pada guru dalam menelaah data dan membuktikan rumus, (b) kerja sama siswa dalam diskusi kelompok masih kurang, (c) siswa hanya membacakan hasil diskusi saat presentasi berlangsung, (d) tidak semua kelompok memberi tanggapan pada kelompok lain, dan (e) terdapat siswa yang belum berani mengemukakan pendapat. Solusi dari kendala yaitu: (a) siswa aktif mencari informasi dari berbagai sumber relevan, (b) siswa membagi peran pada masing-masing anggota kelompok, (c) siswa memperhatikan petunjuk presentasi yang baik dengan aplikasi Liveworksheet, (d) Siswa memanfaatkan kesempatan untuk memberikan tanggapan pada kelompok lain, dan (e) siswa memanfaatkan kesempatan untuk mengemukakan pendapat. Kesimpulan penelitian ini yakni penerapan model PBL dengan aplikasi Liveworksheet dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar pada siswa kelas V SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024. 

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), aplikasi Liveworksheet, pembelajaran matematika