Abstrak


ANALISIS KONFLIK SOSIAL DAN NILAI MORAL DALAM NASKAH DRAMA BARABAH KARYA MOTINGGO BUSYE SERTA RELEVANSINYASEBAGAI MATERI AJAR SASTRA DI SMA


Oleh :
Tino Widya Wisudawan - K1218073 - Fak. KIP

Tino Widya Wisudawan. K1218073. Pembimbing I: Dr. Atikah Anindyarini, M.Hum. Pembimbing II: Dr. Budi Waluyo, M.Pd. ANALISIS KONFLIK SOSIAL DAN NILAI MORAL DALAM NASKAH DRAMA BARABAH KARYA MOTINGGO BUSYE SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA DI SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, September 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) representasi konflik sosial dalam naskah drama “Barabah” karya Motinggo Busye, (2) representasi nilai moral dalam naskah drama “Barabah” karya Motinggo Busye, dan (3) pemanfaatan analisis konflik sosial dan nilai moral dalam naskah drama “Barabah” karya Motinggo Busye sebagai materi ajar sastra di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pendekatan sosiologi sastra.

Sumber data yang digunakan berupa dokumen naskah drama dengan judul Barabah karya Motinggo Busye dan informan yaitu guru bahasa Indonesia SMA N 1 Kartasura. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis mengalir. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, ada 4 bentuk konflik sosial pada naskah drama dengan judul Barabah karya Motinggo Busye yakni a) Konflik antarindividu, b) Konflik antarkelompok, c) Konflik antargenerasi, d) Konflik gender. Bentuk Penelitian ini terdapat jenis konflik sosial yang mendominasi atau sering muncul yaitu Konflik Antaridividu. Kedua, Ada 6 bentuk nilai moral pada naskah drama dengan judul Barabah karya Motinggo Busye yakni, yaitu a) Nilai Empati, b) Nilai Hati Nurani, c) Nilai Kebaikan Hati, d) Nilai Rasa Hormat, e) Nilai Kontrol Diri, dan f) Nilai Keadilan. Nilai moral yang mendominasi atau sering muncul adalah rasa hormat. Ketiga, hasil kajian konflik sosial dan nilai moral yang terdapat pada naskah drama dengan judul Barabah karya Motinggo Busye dimanfaatkan dalam pembelajaran sastra di SMA.