Abstrak


Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Mobile Terhadap Keterampilan Memahami Teks Berita Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Priya Apriliana - K7119212 - Fak. KIP

Priya Apriliana. K7119212. Pembimbing I : Dra. Siti  Istiyati, M. Pd. Pembimbing II Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI MOBILE TERHADAP KETERAMPILAN MEMAHAMI TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LAWEYAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Januari 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media aplikasi Belajar Teks Berita terhadap keterampilan memahami teks berita peserta didik kelas V SD di Kecamatan Laweyan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Laweyan yaitu SD N Dukuhan Kerten, SD N 1 Begalon, dan SD N Setono. Penelitian menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, peserta didik kelas eksperimen menggunakan media aplikasi mobile dalam kegiatan belajar mengajar dan peserta didik dari kelas kontrol menggunakan media pembelajaran power point. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes melalui Pre-test dan Post-tes yang diberikan pada sample. Teknik uji validitas instrumen  tes menggunakan rumus koefisien point biserial, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach, instrumen tes juga di validasi oleh ahli yaitu dosen dan guru kelas V. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji paired sample t-test. Dapat dilihat dari hasil uji paired sample t test pada uji hipotesis yang menganalisis data hasil nilai post-test kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Hasil uji hipotesis yaitu nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0> 64,5. Selanjutnya di dapat pula rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih besar dari nilai post-test kelas kontrol, yaitu 76 > 68,1. Berdasarkan hasil analisis  penelitian menunjukan bahwa media aplikasi mobile dengan materi teks berita  berpengaruh terhadap keterampilan memahami teks berita peserta didik kelas V SD se-Kecamatan Laweyan.