Abstrak


HUBUNGAN ANTARA AKURABILITAS ULTRASONOGRAFI ABDOMEN PREOPERATIF DENGAN TEMUAN INTRAOPERATIF PADA KASUS KOLEDOKOLITIASIS DI RSUD DR. MOEWARDI


Oleh :
Keiza Putra Ramadha Kesuma Zaynur - G0020131 - Fak. Kedokteran

Keiza Putra Ramadha Kesuma Zaynur, G0020131, 2023.. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Koledokolitiasis merupakan sumbatan batu yang terdapat di dalam saluran empedu. Hampir 3000 kematian per tahun di AS disebabkan oleh komplikasi kolelitiasis dan penyakit kantong empedu. Koledokolitiasis terjadi akibat pembentukan batu di saluran empedu atau karena lewatnya batu empedu yang terbentuk di kantong empedu ke dalam CBD. Mengetahui adanya hubungan akurabilitas ultrasonografi abdomen preoperatif dengan temuan intraoperatif pada kasus koledokolitiasis di RSUD Dr. Moewardi.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Subjek dalam penelitian adalah Pasien Koledokolitiasis di RSUD Dr. Moewardi bulan Tahun 2022-2023 yang memenuhi kriteria. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Consecutive sampling. Pengambilan data menggunakan data dari rekam medis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji korelasi Spearman.

Hasil: Hasil analisis data dari 57 responden dengan uji korelasi Spearman didapatkan nilai p-value 0,000 dan koefisien korelasi (r) 1,000 untuk variabel USG abdomen preoperatif dan temuan intraoperatif yang berarti kedua variabel signifikan dan berkorelasi sangat kuat.

Simpulan: Terdapat hubungan antara akurabilitas ultrasonografi abdomen preoperatif dengan temuan intraoperatif pada pasien koledokolitiasis di RSUD Dr. Moewardi.