Abstrak


ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF SISWA SMP NEGERI 8 SURAKARTA


Oleh :
Fahrul Fuad - K1318024 - Fak. KIP

Fahrul Fuad. K1318024. ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF SISWA SMP NEGERI 8 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Koneksi Matematis pada materi teorema Pythagoras ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa SMP Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Surakarta. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa hasil tes dan hasil wawancara. Data dikumpulkan dengan teknik tes gaya kognitif, tes kemampuan koneksi matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data penelitian yang digunakan adalah triangulasi metode.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif dapat memenuhi keempat indikator koneksi matematis. Siswa reflektif dapat memahami soal yang diberikan dan membuat langkah penyelesaian masalah dengan menghubungkan topik-topik matematika dan topik diluar matematika. Namun demikian, siswa dengan gaya kognitif impulsif tidak dapat memenuhi keempat indikator kemampuan koneksi matematis. Siswa impulsif tidak dapat memahami soal yang diberikan, kurang teliti dan cenderung menghiraukan informasi yang tidak dikenali sehingga ada informasi yang tertinggal atau sengaja dilewatkan. Akibatnya, siswa impulsif tidak dapat membuat langkah penyelesaian masalah, tidak dapat memilih topik matematika yang sesuai, dan tidak dapat menghubungkan topik-topik matematika tersebut untuk menyelesaikan masalah.