Abstrak


PENGARUH PENGALAMAN PENGUASAAN PLP DALAM MBKM, EMOSI DAN DUKUNGAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA MENJADI GURU EKONOMI DENGAN MEDIASI KEPUTUSAN EFIKASI DIRI.


Oleh :
Rof'an Nasukha - K7619066 - Fak. KIP

ABSTRAK
Rof’an Nasukha. K7619066. Pembimbing I: Dr. Harini, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Muhammad Sabandi, M.Si. PENGARUH PENGALAMAN PENGUASAAN PLP DALAM MBKM, EMOSI, DAN DUKUNGAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA MENJADI GURU EKONOMI DENGAN MEDIASI KEPUTUSAN EFIKASI DIRI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024.
Motivasi dianggap menjadi salah satu elemen dalam meningkatkan minat menjadi Guru . Data dari Carier Development Center UNS menunjukkan mahasiswa lulusan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret yang berprofesi sebagai Guru cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh pengalaman penguasaan PLP dalam MBKM terhadap keputusan efikasi diri mahasiswa (2) menguji emosi terhadap keputusan efikasi diri mahasiswa. (3) menguji dukungan emosional terhadap keputusan efikasi diri mahasiswa (4) menguji keputusan efikasi diri terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret angkatan 2019 dan 2020 serta mahasiswa Universitas Jendral Soedirman angkatan 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form dengan jumlah populasi yang tidak diketahui (unknown population) dan sampel sebanyak 138 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan jenis teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan path analys. Berdasarkan hasil uji menunjukkan bahwa (1) pengalaman penguasaan PLP dalam MBKM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan efikasi diri mahasiswa (2) emosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan efikasi diri mahasiswa (3) dukungan emosi berpengaruh seacara positif dan signifikan terhadap keputusan efikasi diri mahasiswa (4) keputusan efikasi diri berpengaruh seacara positif dan signifikan terhadap motivasi mahasiswa menjadi guru ekonomi. Hasil penelitian ini dapat menjadi tolak ukur bagi universitas sebagai pemangku kebijakan untuk dapat meningkatkan magang pengajaran yang lebih menarik dan otentik yang memvisualisasikan secara nyata.