;

Abstrak


FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK MENGGUNAKAN PERBANKAN SYARIAH


Oleh :
Hayu Razaq Tejawati - S412002017 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Indonesia merupakan negara padat penduduk dengan penduduk muslim. Kinerja keuangan syariah dibandingkan konvensional masih sangat rendah. Dalam hal ini perbankan syariah perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk menggunakan produk dan layanan perbankan syariah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap niat menggunakan perbankan syariah dengan menggunakan variabel literasi keuangan syariah, kesadaran, biaya dan manfaat reputasi, sikap dan kewajiban agama.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik judgemental sampling. Kuesioner disebar secara online melalui google form, targetnya adalah 261 nasabah bank syariah kemudian data diolah atau dianalisis menggunakan software smartPLS 3.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan syariah, biaya dan manfaat, reputasi, sikap, dan kewajiban agama berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan perbankan syariah dan hanya variabel kesadaran yang tidak berpengaruh signifikan terhadap niat menggunakan. Perbankan syariah.