Abstrak


PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS II SD NEGERI JEMUR KEBUMEN TAHUN AJARAN 2023/2024


Oleh :
Alsafina Maratus Sholikhah - K7120025 - Fak. KIP

Alsafina Maratus Sholikhah. K7120025. Pembimbing I: Dr. Moh Salimi, M.Pd. Pembimbing II: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI STRATEGI MENULIS TERBIMBING DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS II SD NEGERI JEMUR KEBUMEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univevrsitas Sebelas Maret, Maret 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung melalui penggunaan metode menulis terbimbing dengan media flashcard pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) membuktikan ke efektifan penggunaan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen Tahun Pelajaran 2023/2024.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaborasi yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard pada siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan lima langkah yaitu: (a) pramenulis dengan menebalkan huruf dan membuat kalimat sederhana menggunakan huruf tegak bersambung, (b) penulisan draft dengan menentukkan poin-poin yang terdapat pada flashcard, (c) menulis dengan menulis kata hingga kalimat menggunakan huruf tegak bersambung sesuai dengan aturan penulisan tegak bersambung, (d) penyuntingan dengan memperbaiki kalimat sesuai dengan arahan guru, perbaikan kalimat dapat berupa bentuk huruf yang tidak sesuai, penggunaan tanda baca, dan kesesuaian kalimat dengan gambar yang terdapat pada flashcard, (e) publikasi dengan mempresentasikan hasil kerjanya di papan tulis. Penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard terhadap guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada observasi terhadap guru, presentase pada siklus I = 66,81%, siklus II = 80,98%, siklus III = 91,39%. Sedangkan observasi terhadap siswa menunjukkan presentase pada siklus I = 56,98%, siklus II = 73,9%, dan siklus III = 86,67%. (2) penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen tahun ajaran 2023/2024. Presentase ketuntasan keterampilan menulis tegak bersambung siswa pada siklus I = 64,84%, siklus II = 76,59%, dan siklus III = 85,59%. Dengan menggunakan media flashcard siswa lebih mudah mengingat dan menerapkan penggunaan huruf tegak bersambung. Serta melalui bimbingan guru, siswa secara berkala mampu memahami aturan penulisan huruf tegak bersambung dan mampu menulis menggunakan huruf tegak bersambung secara rapih dan terbaca. (3) Terdapat kendala yang paling dominan yaitu dalam melakukan bimbingan guru membutuhkan waktu yang lama karena jumlah siswa yang tergolong tidak sedikit. Solusi dari kendala tersebut adalah guru memberikan batasan waktu dalam melakukan bimbingan kepada setiap siswa dan guru mengarahkan siswa untuk melakukan tutor sebaya kepada teman yang sudah mahir.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi menulis terbimbing dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SD Negeri Jemur Kebumen tahun ajaran 2023/2024.