Abstrak


Pembuatan E-Book Kosakata Barang Pembelian pada Divisi Purchasing Mesin (Indonesia-Mandarin) PT Jiale Indonesia Textile


Oleh :
Ima Wijaya Nursiti Khotimah - V0420028 - Sekolah Vokasi

Penanaman modal asing memberikan keuntungan bagi negara Indonesia yaitu menambah lapangan pekerjaan sehingga mengurangi jumlah pengangguran. PT Jiale Indonesia Textile merupakan salah satu Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) asal Tiongkok. Perusahaan ini terdiri dari karyawan Indonesia dan karyawan Tiongkok. Namun terdapat kendala bahasa yaitu karyawan Indonesia tidak bisa berbahasa mandarin dan sebaliknya, sehingga komunikasi kurang berjalan dengan baik.

Penulisan Tugas Akhir ini dilatar belakangi oleh karyawan Indonesia mengalami kesulitan dalam tahapan meminta konfirmasi dokumen pembelian kepada Manager Tiongkok. Dalam dokumen tersebut terdapat nama barang berbahasa Indonesia yang akan dibeli oleh karyawan Purchasing, namun Manager Tiongkok membutuhkan terjemahan nama barang yang akan dibeli dalam bahasa Mandarin. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah mempermudah karyawan Purchasing dalam penerjemahan kosakata barang untuk mengajukan konfirmasi pembelian barang kepada Manager Tiongkok. 

Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode observasi, studi pustaka, dokumentasi dan wawancara. Hasil penulisan Tugas Akhir ini adalah hasil luaran berupa e-book yang berisi tentang penerjemahan kosakata barang pembelian pada divisi Purchasing Mesin (Indonesia-Mandarin) PT Jiale Indonesia Textile. Selain berisi kosakata barang, e-book ini juga terdapat gambar dan audio pelafalan untuk mempermudah pengucapan bahasa Mandarin.