Abstrak


PENGARUH LATIHAN SMASH MENGGUNAKAN BOLA DI ANGKAT DI TEMPAT DAN BOLA LAMBUNG TERHADAP KETEPATAN SMASH PADA TIM PUTRA BOLA VOLI KKO SMA NEGERI 1 SIMO


Oleh :
Erizal Nur Pamungkas - O0219042 - Fak. Keolahragaan

Erizal Nur Pamungkas. Pengaruh Latihan Smash Menggunakan Bola Di Angkat Di Tempat Dan Bola Lambung Terhadap Ketepatan Smash Pada Tim Putra Bola Voli KKO SMA Negeri 1 Simo. Skripsi. Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Februari 2024.

Tujuan penelitian ini ada 2 yaitu (1) mengetahui pengaruh latihan smash menggunakan bola di angkat di tempat dan bola lambung terhadap ketepatan smash pada tim putra bola voli KKO SMA Negeri 1 Simo. (2) Mengetahui pengaruh latihan yang lebih baik antara latihan smash menggunakan bola di angkat di tempat dan bola lambung terhadap ketepatan smash pada tim putra bola voli KKO SMA Negeri 1 Simo.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 20 pemain bola voli putra KKO SMA Negeri 1 Simo. Perlakuan terbagi menjadi 2 yaitu bola di angkat di tempat dan bola lambung. Pengumpulan data dilakukan dengan tes ketepatan smash. Analisis data dilakukan dengan uji paired sampel t-test dan uji independent sample t-test. Analisis statistik dilakukan dengan bantuan SPSS 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh latihan smash menggunakan bola di angkat di tempat dan bola lambung terhadap ketepatan smash pada tim putra bola voli KKO SMA Negeri 1 Simo dengan nilai sig. (2-tailed) kelompok 1 sebesar 0.000 < 0>

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan smash menggunakan bola di angkat di tempat dan bola lambung terhadap ketepatan smash pada tim putra bola voli KKO SMA Negeri 1 Simo. Dari kedua latihan tersebut, latihan smash menggunakan bola lambung lebih efektif pengaruhnya dari pada bola di angkat di tempat terhadap ketepatan smash pada tim putra bola voli KKO SMA Negeri 1 Simo.