Abstrak


Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan Media Papan Waktu untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Waktu pada Siswa Kelas III SD Negeri Tulusrejo Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Lailatul Arja - K7120152 - Fak. KIP

Lailatul Arja. K7120152. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA PAPAN WAKTU UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TULUSREJO TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. April. 2024.
    Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model STAD dengan media papan waktu; (2) meningkatkan kerja sama siswa kelas III SD Negeri Tulusrejo tahun ajaran 2023/2024; (3) meningkatkan hasil belajar Matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III SD Negeri Tulusrejo tahun ajaran 2023/2024; (4) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model STAD dengan media papan waktu.
    Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SD Negeri Tulusrejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu nontes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah penerapan model STAD dengan media papan waktu yaitu: (a) penjelasan materi dengan media papan waktu, (b) pembagian kelompok, (c) pemberian tugas, (d) pemberian kuis, (e) evaluasi belajar, (f) kesimpulan, (g) pemberian reward. Penerapan model STAD terhadap guru dan siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya; (2) penerapan model STAD dengan media papan waktu dapat meningkatkan kerja sama siswa kelas III SD Negeri Tulusrejo; (3) penerapan model STAD dengan media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III SD Negeri Tulusrejo tahun ajaran 2023/2024; (4) kendala penerapan model STAD dengan media papan waktu yaitu: (a) kerja sama siswa masih belum maksimal; (b) siswa kurang aktif saat diminta menanggapi presentasi kelompok lain; (c) siswa tidak memperhatikan ketika guru memberi petunjuk cara mengerjakan kuis. Adapun solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru menjelaskan secara detail petunjuk diskusi; (b) guru memberi semangat dan apresiasi berupa tepuk salut; (c) guru menegaskan dan membuat kesepakatan bahwa penjelasan kuis hanya satu kali.
    Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media papan waktu dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar Matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III SD Negeri Tulusrejo tahun ajaran 2023/2024.