Abstrak


Perencanaan dan Perancangan Gedung Instruktur, Workshop Kayu, Workshop Batu dan Beton Serta Area Parkir Siswa di SMK Ganesha Tama Boyolali dengan Konsep Green Architecture


Oleh :
Ajib Nur Rohman - K1519005 - Fak. KIP

Ajib Nur Rohman. K1519005. Pembimbing I: Dr. Ir. Chundakus Habsya, MS. Ars. Pembimbing II: Wahyu Noviansyah, S.Pd., M.Pd. PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG INSTRUKTUR, WORKSHOP KAYU, WORKSHOP BATU DAN BETON SERTA AREA PARKIR SISWA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI DENGAN KONSEP GREEN ARCHITECTURE. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2023.

Kondisi eksisting workshop kayu yang luasnya tidak memenuhi standar peraturan, fasilias ruang praktikum batu dan beton yang belum ada, dan area parkir yang terkena dampak perenacanan dan perancangan workshop. Perencanaan dan perancangan ini bertujuan untuk (1) mengkaji bagaimana perencanaan dan perancangan gedung instruktur, workshop kayu, workshop batu dan beton serta area parkir siswa SMK Ganesha Tama Boyolali dengan konsep green architecture, (2) menghasilkan perencanaan dan perancangan gedung instruktur, workshop kayu, workshop batu dan beton serta area parkir siswa SMK Ganesha Tama Boyolali dengan konsep green architecture. Perencanaan dan perancangan ini menggunakan metode pemrograman architecture. Tahap pemrograman arsitektur antara lain (1) establish goals, (2) collect and analyze facts, (3) uncover and test concepts, (4) determine needs, (5) state the problem. Sumber data diambil dari informan (wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana serta kepala jurusan DPIB), observasi kondisi eksisting, dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Purposive sampling artinya orang yang dianggap memiliki pengeathuan lebih iinformasi yang dibutuhkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi sumber ada 3 tahap yaitu data terkumpu, data direduksi dan data display. Analisis data dilakukan melalui pendekatan program perencanaan dan perancangan. Hasil perencanaan dan perancangan sebagai berikut. (1) perencanaan ruang instruktur, workshop kayu, workshop batu dan beton, ruang penyimpanan alat bahan, toilet, dan area parkir siswa. (2) pereancangan gedung instruktur, workshop kayu, workshop batu dan beton serta area parkir siswa SMK Ganehsa Tama Boyolali dengan konsep green architecture. Penerapannya antara lain penggunaan panel surya, fasad bangunan menyesuaikan bangunan sekitar, pemanfaatan pencahayaan dan penghawaan alami, peggunaan ventilasi silang, dan penambahan vegetasi.