Abstrak


Deiksis Lan Nilai Pendhidhikan Karakter Sajrone Sandiwara Radhio Wang Sinawang Anggitane Erlina Rakhmawati Sarta Gegayutane Kanggo Pasinaon Basa Jawa SMP


Oleh :
Ratna Dwi Dhammayanti - K4220069 - Fak. KIP

Ratna Dwi Dhammayanti. K4220069. Pembimbing I: Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum. Pembimbing II: Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum. DEIKSIS LAN NILAI PENDHIDHIKAN KARAKTER SAJRONE SANDIWARA RADHIO WANG SINAWANG ANGGITANE ERLINA RAKHMAWATI SARTA GEGAYUTANE KANGGO PASINAON BASA JAWA SMP. Skripsi, Surakarta: Pendidikan Bahasa Jawa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) wujud deiksis dalam sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati; (2) nilai pendidikan karakter dalam sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati;        (3) relevansi wujud deiksis dan nilai pendhidhikan karakter dalam sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati untuk pembelajaran Bahasa Jawa SMP.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data yang digunakan berupa percakapan pemain dari hasil transkrip naskah sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Sumber dhata dokumen terdiri dari hasil transkrip naskah, buku, jurnal, artikel ilmiah maupun kurikulum bahasa Jawa. Sementara itu sumber data informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jawa, siswa kelas IX, serta ahli bahasa. Teknik dalam pengambil subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik analisis dokumen dan wawancara. Teknik pengesahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori dari Miles and Huberman yang terdiri dari: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (3) simpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) wujud deiksis yang ditemukan dalam sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati terdiri dari deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu; (2) Nilai pendidikan karakter dalam sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati terdapat religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab; (3) Analisis wujud deiksis dan nilai pendidikan karakter dalam sandiwara radhio Wang Sinawang karya Erlina Rakhmawati ini relevan dengan pembelajaran bahasa Jawa kelas IX SMP

Kata kunci: Deiksis, Nilai Pendidikan Karakter, Pragmatik, Sandiwara Radio, Wang Sinawang.