Abstrak


Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Karya Seni Rupa dengan Pemanfaatan Barang Bekas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Rahma Futri Aulia - K7120214 - Fak. KIP

Rahma Futri Aulia. K7120214. Pembimbing 1: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM KARYA SENI RUPA DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 TAMANWINANGUN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2024.

Tujuan peneltian, yaitu: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pemanfaatan barang bekas; (2) Meningkatkan kreativitas siswa dalam karya seni rupa dengan pemanfaatan barang bekas melalui model Project Based Learning; (3) Menganalisis dampak penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa kelas. 
Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun. Data yang dipakai adalah data kulitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pemanfaatan barang bekas pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024 yaitu penentuan proyek, perencanaan langkah-langkan penyelesaian proyek, penyusunan jadwa, penyelesaian proyek dengan fasilitas dan pengawasan guru, penyampaian laporan dan hasil, serta evaluasi proyek dan hasil, (2) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pemanfaatan barang bekas yang dinilai dari empat aspek, yaitu fleksibilitas, originalitas, elaborasi, dan fluensi. Persentase rara-rata kreativitas siswa pada siklus I = 74,22%  siklus II = 85,42?n siklus III 91,15%, (3) penerapan model Project Based Learning berdampak pada hasil belajar siswa pada aspek kognitif kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024 yang terlihat dari peningkatan hasil belajar pada materi pemanfaatan barang bekas. 
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa pada karya seni rupa dalam pemanfaatan barang bekas pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tamanwinangun tahun ajaran 2023/2024.