Abstrak


Peran Agen Brilink Sebagai Sarana dalam Membantu Layanan Finansial Masyarakat


Oleh :
Muyas Saroh - F3216039 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Seiring dengan adanya program Laku Pandai dari OJK, memberi inovasi BRI untuk menciptakan suatu layanan keuangan tanpa kantor yaitu BRILink. Dalam menjalankan BRILink perusahaan harus menerapkan relationship marketing dengan tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan kelangsungan masa depan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui peran Agen BRILink sebagai sarana dalam membantu layanan finansial masyarakat, 2) Untuk mengetahui penerapan relationship marketing dari BRI ke Agen BRILink dan dari Agen BRILink ke masyarakat, 3) Untuk mengetahui kendala Agen BRILink.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara kepada Petugas Agen BRILink, Agen  BRILink  dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa BRILink sangat berperan dalam membantu layanan finansial masyarakat.
Saran yang dapat diberikan pada BRI yaitu agar selalu mempertahankan hubungan yang baik  dengan Agen BRILink sebagai mitra kerja, selalu melakukan sosialisasi dengan  Agen BRILink agar dapat melayani masyarakat dengan maksimal.

Kata Kunci : BRILink, Agen BRILink, relationship marketing.