Abstrak


Pengembangan Buku Digital Menulis Teks Akademik pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia bagi Perguruan Tinggi Inklusi di Provinsi Jawa Tengah


Oleh :
Firstya Evi Dianastiti - T842108006 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kondisi buku teks menulis teks akademik yang saat ini digunakan, mendeskripsikan dan menjelaskan kebutuhan buku digital, mendeskripsikan dan menjelaskan pengembangan buku digital dan mendeskripsikan dan menjelaskan hasil uji keefektifan buku digital Terampil Menulis Teks Akademik pada mata kuliah Bahasa Indonesia bagi perguruan tinggi inklusi di wilayah Jawa Tengah. 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan tiga tahapan, yaitu: (1) tahap eksplorasi, (2) tahap pengembangan, dan (3) tahap pengujian. Penelitian dilakukan di enam perguruan tinggi inklusi di provinsi Jawa Tengah, yaitu: Universitas Sebelas Maret, Universitas Tidar, Universitas Muhammadiyah Magelang, UIN Walisongo, UIN Raden Mas Said Surakarta, dan Universitas Sahid Surakarta. Tahap eksplorasi dilakukan dengan observasi, wawancara kepada dosen dan mahasiswa di mata kuliah Bahasa Indonesia dan analisis dokumen berupa RPS dan buku teks yang digunakan dalam perkuliahan. Tahap pengembangan dilakukan melalui beberapa proses, yaitu lokakarya, penilaian pakar, pelaksanaan uji coba terbatas, dan uji coba lebih luas. Tahap pengujian dilakukan menggunakan penelitian eksperimen dengan melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. 

Hasil penelitian, yaitu: (1) pada tahap eksplorasi diketahui empat karakteristik buku teks yang digunakan saat ini, yaitu: kesesuaian dengan silabus, metode pengajaran yang digunakan, pengorganisasian materi, muatan materi menulis teks akademik, unsur pendidikan inklusi, dan pertimbangan praktis; (2) Prinsip buku teks digital yang dibutuhkan oleh dosen, yaitu: (a) berorientasi menulis teks akademik, (b) memuat contoh-contoh teks akademik, (c) memuat teks multimodal, dan (d) memuat petunjuk menulis teks akademik. Kemudian, prinsip kebutuhan mahasiswa meliputi: (a) kendala mahasiswa dalam menulis teks akademik, (b) kebutuhan materi menulis teks akademik, (c) prinsip penyajian materi, dan (d) muatan teks multimodal.; (3) tahap pengembangan menghasilkan buku digital Terampil Menulis Teks Akademik dengan spesifikasi: terdiri atas sembilan bab, terdapat soal latihan, serta dilengkapi video pemaparan materi dengan juru bahasa isyarat; dan (4) pada tahap pengujian, hasil uji persyaratan statistik telah berdistribusi normal, homogen, dan seimbang. Berdasarkan hasil analisis data pada uji hipotesis diketahui bahwa keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa yang diajar dengan menggunakan buku digital berbasis website lebih baik daripada keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa yang diajar dengan buku cetak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa buku digital Terampil Menulis Teks Akademik berbasis website secara efektif mampu meningkatkan keterampilan menulis ilmiah mahasiswa.