Abstrak


Analisis Kesalahan Ejaan pada Karangan Siswa Kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Kebumen Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Sujatmiko Aji - K7118212 - Fak. KIP

ABSTRAK

Sujatmiko Aji. ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 4 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2023.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kaidah ejaan di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kebumen tahun ajaran 2023/2024, mendeskripsikan kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas IV SD Muhammaiyah 4 Kebumen tahun ajaran 2023/2024, dan mendeskripsikan alasan terjadi kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kebumen tahun ajaran 2023/2024.

                        Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kebumen. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berisi deskripsi tentang pembelajaran kaidah ejaan, kesalahan ejaan, alasan kesalahan ejaan, dan alasan terjadinya kesalahan ejaan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kebumen. Teknik pengumpulan data ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

                        Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) pembelajaran kaidah ejaan disampaikan dengan menyelipkan kedalam materi tertentu yang ada hubungannya dengan kaidah kebahasaan; (2) kesalahan ejaan yang terjadi dalam karangan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kebumen tahun ajaran 2023/2024 yaitu kesalahan pemakaian huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan pemakaian tanda baca dan penulisan unsur serapan mengenai unsur asing yang penulisan dan pengucapanya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia. (3) faktor penyebab atau alasan terjadinya kesalahan kesalahan ejaan ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari kurang lancarnya siswa untuk berpikir abstrak, ketepatan dalam menerapkan kaidah bahasa, dan kurangnnya literasi ketidaktahuan siswa tentang kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Selanjutnya, faktor eksternal meliputi terpengaruhnya dengan bahasa yang lebih dulu dikuasainya, pelaksanaan pembelajaran yang kurang mendukung, lingkungan yang kurang mendukung dan pengaruh penggunaan gawai .

                        Kesimpulan penelitian ini yaitu adanya kesalahan ejaan pada karangan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kebumen. Alasan terjadinya kesalahan tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal.