Abstrak


Apakah Corporate Social Responsibility dan Karakteristik Chairperson Berpengaruh terhadap Cost of Debt?


Oleh :
Leony Candra Kirana - F0320063 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Karakteristik Chairperson terhadap Cost of Debt di Asia Tenggara

Desain/metodologi/pendekatan - Penelitian ini merupakan studi empiris yang menggunakan perusahaan di Asia Tenggara yang terdaftar pada bursa efek masing- masing negara dengan periode penelitian 2010-2021. Penelitian ini menggunakan pengukuran Cost of Debt yaitu Interest Expense dibagi dengan Total Short and Long Term Debt. Untuk mengukur CSR, peneliti menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu CSRHub dan menggunakan persentase serta dummy level of edu, major, university rank, tenure, dan age untuk pengukuran Karakteristik Chairperson.

Temuan - Penelitian ini menemukan bahwa hasil regresi pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap Cost of Debt. Selanjutnya, University Rank (UNIV RANK) yang buruk berpengaruh negatif terhadap Cost of Debt dan untuk masa jabatan (tenure) chairperson yang lama berpengaruh negatif terhadap Cost of Debt.