Abstrak


Pencegahan Mukositis Oral Tikus Wistar Terinduksi Cisplatin dengan Ekstrak Etanol Jintan Hitam (Nigella Sativa)


Oleh :
Oke Kadarullah - T502008023 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang: Pencegahan mukositis oral (OM) yang diinduksi cisplatin menghadirkan tantangan besar karena hubungannya dengan stres oksidatif, peradangan, apoptosis, dan aktivasi jalur NF-kB. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi ekstrak Nigella sativa (NS) dalam menghambat mukositis oral yang diinduksi cisplatin.

Metode: Mukositis oral terinduksi cisplatin dimodelkan pada kelompok eksperimen yang diintervensi ekstrak NS dengan dosis bervariasi (125mg/kgBB, 250mg/kgBB, dan 500mg/kgBB), dibandingkan dengan kontrol negatif dan N-asetilsistein (NAC) sebagai kontrol positif. Tingkat ekspresi reactive oxygen species (ROS), tumor necrosis factor-alpha (TNF-α), Caspase-3, dianalisis dengan Western blot, tingkat ekspresi gen p50 dan p65 ditentukan oleh analisis qRT-PCR, dan ketebalan epitel dinilai secara histopatologis.

Hasil: Ekstrak NS 125mg/kgBB menunjukkan perbedaan ekspresi ROS yang lebih rendah secara signifikan dibandingkan kelompok lain (p<0>Caspase-3 diperoleh ekstrak NS dosis 125mg/kgBB berbeda signifikan lebih rendah dibandingkan kontrol negatif (p<0>

Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak NS memiliki potensi efek pencegahan yang menjanjikan dalam mengurangi stres oksidatif, inflamasi, apoptosis, dan aktivasi jalur NF-kB pada MO yang diinduksi cisplatin.