Abstrak


Strategi Live Streaming: Optimalisasi Pemasaran Media Sosial (Studi Kasus Penonton Platform TikTok)


Oleh :
Yunika Ashifah - F0220137 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Media sosial menjadi salah satu bukti pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang membawa perubahan dan inovasi terkini. Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan hiburan, tetapi juga memiliki potensi besar dalam bidang bisnis, terutama dalam kegiatan pemasaran. Aplikasi TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang digunakan untuk kegiatan digital marketing saat ini. Salah satu fitur yang sangat sering digunakan oleh pengguna TikTok adalah fitur live streaming. Namun, maraknya penggunaan fitur live streaming TikTok menciptakan tantangan baru bagi para seller. Oleh karena itu, penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan penjelasan mengenai strategi live streaming untuk meningkatkan brand awareness produk yang dijual. 

Jenis penelitian yang dilakukan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah data primer. Penulisan tugas akhir ini menggunakan data dari seluruh wawancara dan kuesioner terbuka kepada sejumlah informan mengenai strategi live streaming sebagai salah satu social media marketing. Data diolah menggunakan software Atlas.ti menggunakan tiga langkah coding, yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para penonton TikTok Live Streaming memperhatikan dan menaruh fokus pada informasi produk, kegiatan atau aktivitas yang interaktif dan menghibur selama live streaming berlangsung, dan promo serta diskon yang ditawarkan pada produk yang dijual. Oleh karena itu, para seller harus menerapkan beberapa strategi tersebut untuk dapat bersaing dengan seller lainnya.