Abstrak


Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Persamaan Linier Satu Variabel Bernuansa Etnomatematika pada Permainan Nekeran ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTS N 1 Surakarta


Oleh :
Robawati - K1320063 - Fak. KIP

Robawati. K1320063. Pembimbing I : Dr. Rubono Setiawan, S.Si., M.Sc. Pembimbing II : Ario Wiraya, S.Si., M.Sc. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN NEKERAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTS N 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2024. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs N 1 Surakarta dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel (PLSV) bernuansa etnomatematika pada permainan nekeran ditinjau dari gaya belajar visual. (2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs N 1 Surakarta dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel (PLSV) bernuansa etnomatematika pada permainan nekeran ditinjau dari gaya belajar auditori. (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTs N 1 Surakarta dalam menyelesaikan soal persamaan linier satu variabel (PLSV) bernuansa etnomatematika pada permainan nekeran ditinjau dari gaya belajar kinestetik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah 9 siswa kelas VII MTs N 1 Surakarta yang terdiri dari 3 subjek kategori gaya belajar visual, 3 subjek kategori gaya belajar auditori, dan 3 subjek kategori gaya belajar kinestetik. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data yang dicari adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ketika menyelesaikan soal Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) bernuansa etnomatematika pada permainan nekeran. Sumber data penelitian ini meliputi dokumen, lembar jawab tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan hasil wawancara. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian didapatkan bahwa : (1) siswa dengan gaya belajar visual mampu menyelesaikan soal PLSV bernuansa etnomatematika hingga tahapan ketiga yaitu menjalankan rencana penyelesaian. (2) siswa dengan gaya belajar auditori mampu menyelesaikan soal PLSV bernuansa etnomatematika hingga tahapan keempat yaitu memeriksa kembali. (3) siswa dengan gaya belajar visual mampu menyelesaikan soal PLSV bernuansa etnomatematika hingga tahap ketiga yaitu menjalankan rencana penyelesaian.