Abstrak


Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Flipchart untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial IPAS Materi Bentuk Indonesiaku pada Siswa Kelas VB SD Negeri Munggu Tahun Ajaran 2023/2024


Oleh :
Ilham Insani Firdos - K7120129 - Fak. KIP

Ilham Insani Firdos. K7120129. Pembimbing I: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Ngatman, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA FLIPCHART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL IPAS MATERI BENTUK INDONESIAKU PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI MUNGGU TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Mei 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Project Based Learning dengan media flipchart, (2) meningkatkan keterampilan sosial IPAS materi Bentuk Indonesiaku melalui model Project Based Learning dengan media flipchart, (3) menguraikan kendala dan solusi dalam penerapan model Project Based Learning dengan media flipchart.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SDN Munggu yang berjumlah 21 siswa. Data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, penerapan model Project Based Learning dengan media flipchart yang diterapkan pada siswa kelas VB SD Negeri Munggu tahun ajaran 2023/2024 tentang Bentuk Indonesiaku yaitu: (a) merancang proyek dengan media flipchart, (b) merancang langkah-langkah penyelesaian proyek dengan media flipchart, (c) menyusun jadwal pelaksanaan proyek, (d) menyelesaikan proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, (e) menyusun laporan dan presentasi hasil proyek, dan (f) mengevaluasi proses dan hasil proyek. Kedua, penerapan model Project Based Learning dengan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 78,65%, siklus II sebesar 83,56%, dan pada siklus III sebesar 89,12%. Ketiga, kendala dalam penelitian ini yaitu: (1) siswa cukup sulit saat pembentukan kelompok, (2) siswa kesulitan dalam mengikuti ketentuan proyek yang akan dibuat, (3) siswa tidak berdiskusi secara aktif untuk menyampaikan idenya dalam pembuatan proyek, (4) siswa belum mampu memanfaatkan waktu dengan bijak saat pembuatan proyek, (5) beberapa siswa belum berani menyampaikan dan menanggapi hasil proyek, dan (6) siswa terburu-buru dalam menyelesaikan proyek sehingga proyek kurang maksimal. Adapun solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu: (1) guru mengondisikan siswa dengan menentukan tempat duduk masing-masing kelompok, (2) siswa terus diarahkan untuk berdiskusi dan bertanya kepada guru jika ada kendala yang dihadapi, (3) guru memberikan bimbingan dan motivasi terhadap siswa agar dapat berdiskusi dan menyampaikan ide dengan kelompoknya, (4) guru memberikan bimbingan yang lebih agar siswa lebih sistematis dalam menyelesaikan proyek dengan tepat waktu, (5) anggota kelompok membagi tugas pada tiap siswa dan saling memotivasi untuk berani tampil di depan kelas serta menanggapi hasil presentasi kelompok lain, dan (6) guru memberikan bimbingan terhadap siswa agar membuat proyek dengan hati-hati, sehingga proyek lebih maksimal.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Project Based Learning dengan media flipchart dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPAS materi Bentuk Indonesiaku pada siswa kelas VB SDN Munggu tahun ajaran 2023/2024.