Abstrak


Pengembangan E-Modul Berbasis Socio Scientific Issues untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan


Oleh :
Endah Pratiwi - K4320025 - Fak. KIP

Endah Pratiwi. K4320025. Pembimbing 1: Dr. Umi Fatmawati, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Alanindra Saputra, S. Pd., M.Sc. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH  PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2024.

    Pembelajaran biologi memerlukan media pembelajaran yang sesuai dalam meganjarkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan e-modul berbasis SSI yang dapat melatih keterampilan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan hidup (2) Mengetahui kelayakan e-modul berbasis SSI pada materi pencemaran lingkungan hidup (3) Mengetahui perbedaan keterampilan siswa dalam pemecahan masalah sebelum dan sesudah implementasi e-modul. 

    Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan pendekatan ADDIE yang dilakukan di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X dan guru biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan guru dan siswa, angket respon siswa, angket respon guru, soal pre-test, dan soal post-test.

    Tahap analisis dilakukan dengan analisis kebutuhan guru dan siswa. Tahap perancangan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine Flipbooks. Tahap pengembangan dilakukan dengan validasi oleh 2 ahli media pembelajaran dan 2 ahli materi untuk mengetahui kelayakan e-modul yang dikembangkan. Tahap implementasi dilakukan dengan mengimplementasikan e-modul pada proses pembelajaran materi pencemaran lingkungan. Tahap evaluasi dilakukan dengan megetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian ini adalah produk berupa e-modul pembelajaran yang berisi materi pencemaran lingkungan hidup berbasis SSI. E-modul telah melewati validasi oleh validator ahli materi 1 dengan skor 97% (sangat layak) dan ahli materi 2 dengan skor 97% (sangat layak). Selain itu juga, dilakukan validasi oleh validator ahli media 1 dengan skor 97% (sangat layak) dan ahli media 2 dengan skor 97% (sangat layak). Hasil uji coba ke siswa dengan jumlah 36 siswa memperoleh skor rata-rata 84% (layak). Hasil respon guru memperoleh skor 95% (sangat layak). Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara keterampilan pemecahan masalah sebelum dan sesudah menggunakan e-modul.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis SSI (Socio-Scientific Issues) dapat melatih keterampilan siswa dalam pemecahan masalah.