Abstrak


Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sistem Kelistrikan Bodi Otomotif di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Abdul Widayat Seno Adji - K2520001 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-modul yang layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran kelistrikan bodi otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar kebutuhan e-modul, angket validasi oleh para ahli, angket penilaian dosen pengampu, dan angket respon mahasiswa. E-modul diujicobakan kepada mahasiswa konsentrasi otomotif Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Angkatan 2022 yang sedang menjalani mata kuliah kelistrikan otomotif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil validasi kelayakan pengembangan e-modul yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media masuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran kelistrikan bodi otomotif dengan skor ahli materi 90%, ahli bahasa 92%, dan ahli media 91%. 2) Uji coba kepraktisan terhadap mahasiswa mendapatkan skor 80?n uji coba terhadap dosen pengampu mendapat skor 88%. Berdasarkan analisis kategorisasi, hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran kelistrikan bodi otomotif.