Abstrak


Analisis Tingkat Employability Skills Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 4 Sukoharjo


Oleh :
Fauzan Danny Maulana Irfansyah - K2520030 - Fak. KIP

Fauzan Danny Maulana Irfansyah, K2520030, Pembimbing I: Valiant Lukad Perdana Sutrisno, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd. ANALISIS TINGKAT EMPLOYABILITY SKILLS SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 4 SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024

Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Untuk mengetahui tingkat penguasaan employability skills siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Mesin SMK Negeri 4 Sukoharjo; (2) Untuk mengetahui penerapan employabiity skills kepada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 4 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan mixed method yang merupakan gabungan antara peneitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dan purposive sampling.  Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, dan observasi. Teknik validitas isntrumen menggunakan uji validitas isi dan konstruk. Untuk memastikan kebsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan kategori penilaian dan data kualitatif menggunakan reduksi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat penguasaan dan penerapan employability skills siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 4 Sukoharjo berdasarkan dari 11 indikator. Indikator tersebut yaitu pengetahuan employability skills, komunikasi, kerjasama tim, memecahkan masalah, merencanakan & mengatur kegiatan, prakarsa dan berusaha, belajar, mengelola diri, menggunakan teknologi, kesehatan & keselamatan kerja, dan penerapan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan 11 indikator diatas termasuk pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Terdapat 8 aspek termasuk kategori tinggi dan 3 aspek pada kategori sangat tinggi. Hasil dari wawancara dan observasi juga menunjukkan jika siswa telah memiliki tingkat penguasaan employability skills yang baik. Employability skills juga sudah diterapkan oleh guru di dalam dan luar jam pelajaran.