Abstrak


Pengaruh Penyuluhan tentang Infeksi Menular Seksual (IMS) Berbasis Audiovisual terhadap Pengetahuan pada Remaja SMAN 3 Surakarta


Oleh :
Nyimas Nabilatul Fithriyyah - R0420045 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan ancaman serius bagi kesehatan reproduksi remaja. Berdasarkan penelitian SDKI 2017, pengetahuan remaja tentang IMS masih rendah. Hal ini memprihatinkan karena IMS dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti infertilitas, kanker, dan bahkan kematian. Adapun upaya preventif melalui promosi kesehatan, salah satu cara efektif yaitu dengan menggunakan media audiovisual. Media audiovisual yang mengkombinasikan video dan suara.

Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhaan kesehatan reproduksi melalui audiovisual terhadap pengetahuan remaja tentang penyakit menular seksual (IMS) di SMA N 3 Surakarta.

Metode Penelitian : Sampel penelitian ini berjumlah 96 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu claster sampling. Desain penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu uji Paired T-Test dan independent T-test.

Hasil penelitian : Pengaruh edukasi audiovisual terhadap pengetahuan responden signifikan (mean = 1.9173; 0,03751; p<0>

Kesimpulan : Edukasi audiovisual tentang IMS berpengaruh terhadap pengetahuan remaja usia 15 – 18 tahun.