Abstrak


Analisis Hubungan Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo


Oleh :
Zanuri Kristanto - K2520080 - Fak. KIP

ABSTRAK
Zanuri Kristanto. K2520080. Pembimbing I: Dr. Yuyun Estriyanto S.T., M.T. Pembimbing II: Valiant Lukad Perdana Sutrisno S.Pd., M.Pd. ANALISIS HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 10 TO SMK N 3 SUKOHARJO. Skripsi Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo. (2) Mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo. (3) Mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah bimbingan orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner untuk data primer dan dokumen raport untuk data sekunder. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji korelasi Kendall-tau.
Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat hubungan yang tidak signifikan antara bimbingan orang tua dengan hasil belajar peserta didik kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo. (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas 10 TO SMK N 3 Sukoharjo.
Kata kunci: Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar, Sekolah Menengah Kejuruan