Abstrak


Motivasi Wanita Mengikuti Senam Aerobik di Sanggar Senam Rm7 Colomadu


Oleh :
Febriyantoro - K5617042 - Fak. Keolahragaan

Febriyantoro. K5617042. MOTIVASI WANITA MENGIKUTI SENAM AEROBIK DI SANGGAR SENAM RM7 COLOMADU. Skripsi. Surakarta. Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2023. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi wanita dalam mengikuti senam aerobik di sanggar senam Rm7 Colomadu. Manfaat penelitian ini yaitu dapat digunakan sebagai acuan dalam pengukuran faktor pendorong kelompok masyarakat tertentu dalam mengikuti aktivitas olahraga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penelitian populasi atau studi sensus, yaitu seluruh subjek dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif statistik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi wanita mengikuti senam aerobik di sanggar senam Rm7 memiliki motivasi pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 79,4%. Dengan rincian sebanyak 20% responden memiliki motivasi sangat tinggi atau terdapat 6 orang, sebanyak 73% responden memiliki motivasi tinggi atau terdapat 22 orang, sebanyak 7% responden memiliki motivasi sedang atau terdapat 2 orang. Kesimpulan pada hasil penelitian ini yaitu motivasi wanita mengikuti senam aerobik di sanggar senam Rm7 dalam kategori tinggi dengan presentase 79,4%.