Abstrak


Analisis Kelengkapan Unsur dan Struktur Teks Berita pada Koran Daring Kontan.co.id serta Relevansinya sebagai Materi Ajar di SMA


Oleh :
Indana Lazulfa - K1217032 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kelengkapan unsur teks berita pada koran daring Kontan.co.id., (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kelengkapan struktur teks berita pada koran daring Kontan.co.id., (3) mendeskripsikan relevansi teks berita pada koran daring Kontan.co.id. sebagai materi ajar di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. sumber data pada penelitian ini meliputi koran daring Kontan.co.id., silbus bahasa Indonesia kelas XI, dan wawancara guru bahasa Indonesia.  

Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa teks berita pada koran daring Kontan.co.id. memiliki unsur teks berita yang lengkap, yaitu apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Struktur teks berita pada koran daring Kontan.co.id. sudah lengkap yang mana mengandung struktur judul berita, teras berita, dan tubuh berita. Teks berita pada koran daring Kontan.co.id. relevan untuk digunakan sebagai materi ajar di SMA. 

Bagi Peneliti selanjutnya yang ingin meneliti koran daring Kontan.co.id. dapat mengkaji lebih mendalam dengan memilih sampel yang lebih luas atau melakukan inovasi yang sesuai dengan perubahan zaman. Selain itu, bagi peneliti yan memiliki penelitian yang serupa dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi. Penelitian ini juga dapat menjadi referensi untuk menjadi salah satu materi ajar yang dapat digunakan oleh guru.