;

Abstrak


Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice Dilengkapi CRI untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD


Oleh :
Rita Arfi Astuti N - S031908029 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan proses pengembangan instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice yang dilengkapi dengan CRI; (2) mengetahui kelayakan instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice yang dilengkapi dengan CRI; dan (3) mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik menggunakan instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice yang dilengkapi dengan CRI.

Penelitian pengembangan instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice ini menggunakan prosedur Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan draf produk; (4) Uji coba lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN Jeron, SDN Purworejo, SDN 1 Sembungan, SDN Keyongan, SDN 3 Nogosari, dan SDN Taruban di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket, wawancara dan uji coba instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis empiris dengan program ITEMAN.

Hasil penelitian ini antara lain: (1) pengembangan instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice dilengkapi CRI diawali dengan penelitian pendahuluan sampai dengan penyempurnaan produk; (2) instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice dilengkapi CRI dinyatakan layak dan memenuhi kriteria instrumen tes yang baik; dan (3) instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice dilengkapi CRI dapat digunakan untuk mendeteksi profil miskonsepsi pada peserta didik. Kesimpulan penelitian ini yaitu instrumen tes diagnostik two-tier multiple-choice dilengkapi CRI dapat digunakan untuk mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya.