Abstrak


Implementasi Pengelolaan Arsip Data Transaksi Melalui Sistem Manajemen Dokumen Digital (SMDD) pada PT. Jasa Raharja Perwakilan Surakarta


Oleh :
Renita Eritina - V1721059 - Sekolah Vokasi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi sistem informasi yang diwujudkan dalam pengelolaan arsip data transaksi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh penjelasan yang lebih dalam terkait pengelolaan arsip data transaksi melalui Sistem Manajemen Dokumen Digital (SMDD) yang diterapkan oleh PT. Jasa Raharja Perwakilan Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari hasil studi literatur.

Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Alur pengelolaan arsip data transaksi melalui Sistem Manajemen Dokumen Digital (SMDD) pada PT. Jasa Raharja Perwakilan Surakarta. 2) Implementasi pengelolaan arsip data transaksi melalui SMDD dari segi ketepatan waktu, penemuan kembali arsip, serta kemudahan penggunaan yang merupakan salah satu tujuan dari diciptakannya SMDD. 3) Adapun kendala yang dihadapi yaitu terkait integrasi antara SMDD dan aplikasi keuangan milik perusahaan (internal), kurangnya pemeliharaan alat pendukung pengelolaan arsip digital, serta kurangnya ketelitian pegawai dalam melakukan peran dan tanggung jawabnya.