Abstrak


Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Literasi Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di MAN 1 Surakarta)


Oleh :
Indirani Putri Larasati - K4419050 - Fak. KIP

Indirani Putri Larasati. K4419050. Pembimbing 1: Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Isawati, S.Pd., M.A. INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI LITERASI BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI MAN 1 SURAKARTA). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2024.


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter melalui literasi berbasis teknologi dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Surakarta dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai- nilai karakter melalui literasi berbasis teknologi dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Surakarta.


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian meliputi peristiwa pembelajaran sejarah mengenai internalisasi nilai karakter melalui literasi berbasis teknologi, informan (tiga guru mata pelajaran Sejarah, Kepala Perpustakaan, Koordinator Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) dan peserta didik), dan dokumen (RPP, Buku Antologi Cerpen, hasil karya dari kegiatan literasi dalam pembelajaran sejarah dan foto kegiatan yang mendukung data penelitian). Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan time sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi berpartisipasi pasif, studi dokumen, dan wawancara mendalam. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter melalui literasi berbasis teknologi dalam pembelajaran sejarah terlihat sejak penyusunan Modul Ajar dan Rancangan Proses Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan internalisasi tersebut terbagi menjadi tiga tahap yaitu transformasi, transaksi dan internalisasi.Nilai karakter yang dikembangkan dalam internalisasi nilai karakter melalui literasi berbasis teknologi sesuai dengan indikator nilai yang ada baik dalam Kurikulum Merdeka maupun 2013, (2) faktor pendukung internalisasi nilai- nilai karakter melalui literasi berbasis teknologi dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Surakarta melibatkan keteladanan guru, dukungan, keterlibatan aktif peserta didik dan fasilitas pembelajaran. Faktor penghambatnya dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal dari siswa, faktor eksternalnya berasal dari keterbatasan fasilitas jaringan Wifi dan LCD dan jadwal guru yang padat. Faktor lainnya yaitu durasi pengerjaan lama, kendala teknis, pembagian jam pelajaran sejarah kurang efektif, dan kesulitan dalam memilih topik.