;

Abstrak


Studi Komparasi Manajemen di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta serta Dampak Terhadap Eksistensinya


Oleh :
Mariyadi - S032202007 - Fak. KIP

Mariyadi. 2024. Studi Komparasi Manajemen di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta serta Dampak Terhadap Eksistensinya. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M. Si. Kopembimbing: Dr. Sukarno, M. Pd. Program Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) persepsi pengelola sekolah dasar negeri dan swasta di Kabupaten Ngawi terhadap standar manajemen sekolah; 2) implementasi manajemen sekolah dasar negeri dan swasta di Kabupaten Ngawi; 3) kendala internal dan eksternal yang dihadapi dalam pemenuhan standar manajemen sekolah; dan 4) eksistensi sekolah dasar negeri dan swasta di Kabupaten Ngawi dengan implementasi manajemen sekolah yang sudah diterapkan.

Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah SDN Margomulyo 1 dan SDN Widodaren 8 sebagai subyek penelitian untuk sekolah dasar negeri serta SD Muhammadiyah 1 Ngawi dan SD Muhammadiyah 1 Karanganyar untuk sekolah swasta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles & Huberman (1984) yang melakukan pemprosesan data penelitian dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) persepsi pengelola SD negeri serta SD swasta mayoritas setuju dan sangat setuju dengan memberikan skor 4 dan 5 serta implementasi manajemen pendidikan adalah baik; 2) SDN Margomulyo 1, SD Muhammadiyah 1 Ngawi, dan SD Muhammadiyah 1 Karanganyar sudah memenuhi seluruh indikator standar manajemen sekolah dasar meliputi visi, misi dan tujuan sekolah, RKS sesuai EDS dan berorientasi mutu, perencanaan sekolah terkait dengan peningkatan mutu, pelaksanaan program sekolah, pelaksanaan kegiatan sekolah mengikuti tahapan yang tepat, kegiatan sekolah terkait dengan pencapaian visi. Sedangkan SDN Widodaren belum memenuhi indikator Prosedur Operasional Baku dan pelaksanaan kegiatan sekolah mengikuti tahapan yang tepat; 3) kendala manajemen internal dan eksternal di SDN Widodaren 8 dan SD Muhamamdiyah 1 Karanganyar adalah menyusun dan melaksanakan RKS, pengawasan dan evaluasi; 4) SDN Margomulyo 1 dan SD Muhammadiyah 1 Ngawi memenuhi seluruh aspek eksistensi sekolah. SDN Widodaren 8 dan SD Muhamamdiyah 1 Karanganyar ada beberapa aspek yang belum terpenuhi. Jadi, manajemen di sekolah negeri dan swasta masing-masing memenuhi indikator tersendiri dan mengalami kendala masing-masing dalam pelaksanaanya.

Kata kunci: Eksistensi, Manajemen, Studi Komparasi, SD Negeri, SD Swasta