Abstrak


Strategi Positioning Perusahaan Konsultan Bisnis sebagai Penyedia Layanan dalam B2B Service Market


Oleh :
Nufika Mariyatul Kiptiyah - F0220104 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning perusahaan konsultan bisnis dalam pasar layanan B2B (business-to-business). Dalam pasar yang semakin kompetitif, perusahaan konsultan bisnis perlu memahami dan menentukan posisi mereka untuk menarik dan mempertahankan klien. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara pada salah satu perusahaan konsultan bisnis di Indonesia. 

Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan setiap level manajemen di perusahaan konsultan tersebut, serta melalui analisis dokumen dan observasi langsung. Penelitian ini mengidentifikasi indikator positioning pada perusahaan konsultan yang meliputi target market, daur hidup produk, strategi unit bisnis, dan bauran pemasaran. Selain itu, studi ini mengeksplorasi bagaimana perusahaan-perusahaan ini membedakan diri mereka dari pesaing dan mengkomunikasikan nilai tambah mereka kepada calon klien. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan konsultan bisnis sudah memposisikan diri secara efektif dalam pasar B2B. Perusahaan menawarkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik klien dan mampu membangun hubungan jangka panjang dengan klien. Selain itu, inovasi dan adaptasi terhadap tren pasar juga menjadi faktor penting dalam mempertahankan posisi kompetitif. Namun, perusahaan menghadapi beberapa kendala dan tantangan dalam memposisikan diri. Kendala tersebut berasal dari internal dan eksternal perusahaan. 

Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi perusahaan konsultan bisnis dalam mengembangkan strategi positioning yang lebih efektif. Temuan ini juga memberikan rekomendasi bagi perusahaan untuk melakukan optimalisasi pada meaningfull differentiation dalam strategi pemasaran.